Beberapa Tips Agar Laptop Awet

Tidak sedikit dari kita yang mempunyai laptop. Benda praktis ini sudah umum digunakan di kalangan pejabat, pimpinan, pegawai, bahkan mahasiswa. Laptop berguna untuk pengerjaan dan memudahkan para penggunanya, jika dibandingkan dengan pergi ke warnet atau menunggu sampai di rumah untuk mengerjakan tugas. Namun apa gunanya punya laptop jika tidak tahu cara merawatnya? Bagaimana jika laptop rusak sementara data-data penting belum dibackup? Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips agar laptop awet :

  1. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet. Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.
  2. Jangan memberikan Penutup apapapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop anda dalam keadaan menyala. Hal ini karena berdasarkan pengalaman Laptop teman saya Processor Laptopnya akan mati karena sirkulasi udara yang tidak ada di bawah permukaan Laptop.
  3. Hindari Getaran dan Jauhkan laptop dari alat pengeras suara. Misalnya loudspeaker, mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.
  4. Jaga kebersihan laptop. Lap dengan kain bersih atau kapas agar bebas debu. Namun jangan lap laptop dengan sembarang kain yang memiliki tekstur kasar, gunakanlah kain dengan tekstur lembut.
  5. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas. Gunakanlah selalu tas laptop ketika sedang bepergian. Namun, jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.
  6. Redupkan Layar Anda. Semakin terang layar anda, semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Jika anda tidak dapat bekerja dengan yang redup, setidaknya buatlah ia secara otomatis menjadi lebih redup saat tidak digunakan.
  7. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop.
  8. Jika laptop bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat. Karena mungkin saja kerusakan malah akan menjadi semakin berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi – membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.
  9. Singkirkan Peralatan Eksternal. Singkirkan atau matikan USB saat tidak digunakan.
  10. Jangan mengalirakan listrik saat kondisi laptop menyala. Ketika ingin mencharge baterai pastikan laptop anda mati dan jikalau ingin menggunakan listrik lepas baterai anda lalu kemudian tancapkan kabel listriknya.
  11. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.
  12. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.
  13. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk. Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda kepanasan.
  14. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop. Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.
  15. Gunakan laptop anda ditempat yg lebih bebas (terbuka) agar suhu laptop trs tidak terlalu panas.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat buat kita semua…

 

Sumber : zonaaneh.blogspot.com/2012/02/tips-menggunakan-laptop-yang-baik-dan.html, oh-gitu.blogspot.com/2012/05/tips-cara-merawat-laptop-yang-baik-dan.html

Published in: on Juni 23, 2012 at 5:15 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://arievaldo.wordpress.com/2012/06/23/beberapa-tips-agar-laptop-awet/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: