Sejarah Perkembangan Komputer serta Perkembangannya di Indonesia

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

    Charles Babbage yang lahir 26 Desember 1792 adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan. Charles Babbage meninggal 18 Oktober 1871.

Sejarah Perkembangan Komputer secara umum terbagi menjadi 2 bagian :

  • Sebelum tahun 1940
  • Sesudah tahun 1940

Sebelum tahun 1940

    Sejarah komputer dimulai pada saat manusia melakukan proses perhitungan dalam kehidupan. Pada tahun 1617,John Napier mengemukakan logaritma, dan alat tersebut diberi nama tulang Napier. Tulang Napier dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam perhitungan berbasis angka.
    Dan setelah itu pada tahun 1642 Bliase Pascal menciptakan mesin hitung mekanikal pertama yang dapat beroperasi dengan cara menggerakan gear pada roda yang kemudian dikembangkan oleh William Leibnitz. Pada tahun 1816 Charles Babbage membangun sebuah mesin lain yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah perhitungan matematika seperti logaritma secara mekanikal dengan tepat sampai dengan dua puluh digit.
    Mesin itu juga telah dilengkapi dengan fasilitas kartu sebagai input, untuk menyimpan data, melakukan perhitungan secara otomatis dan mengeluarkan outpun dalam bentuk cetakan pada kertas. Fasilitas kartu tersebut pertama kali digunakan sebagai sebuah alat input dalam pengembangan industri tekstil pada mesin tenun otomatis yang diciptakan oleh Joseph Jecquard pada tahun 1801.
    Setelah itu penggunaan kartu dipopulerkan oleh Herman Hoolerith sebagai sebuah alat input data yang telah banyak digunakan oleh penduduk Amerika pada tahun 1887.

Setelah Tahun 1940

KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1940 – 1959)

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)

    Pada Tahun  1946 Dr John Mauchly dan Presper Eckert menciptakan computer dengan nama ENIAC, ENIAC terdiri dari 70.000 resistor, 5 juta titik soldier dan 18.000 tabung hampa udara, computer tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan mengkonsumsi daya sebesar 160.000 Watt, pada jamannya computer ENIAC merupakan computer serbaguna atau general purpose computer yang dapat bekerja 1000x lebih cepat dibandingkan dengan computer Mark I.

EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

    Memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Pada tahun 1945 Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori yang dapat digunakan untuk menampung baik itu program ataupun data. Penggunaan tabung-tabung vakumpun telah dikurangi di dalam EDVAC, dan untuk proses perhitungan dapat dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC.
    Dengan menggunakan teknik ini komputer dimungkinkan untuk dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan kembali pekerjaannya. Kunci utamanya adalah arsitektur von.
    Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi dari komputer untuk dapat dikoordinasikan menjadi satu sumber tunggal.

EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)

    Komputer EDSAC memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tube untuk dapat menyimpan memori.

UNIVAC I (Universal Automatic Calculator)

    Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVACI pada tahun 1951, Komputer ini merupakan jenis komputer yang dapat digunakan untuk memproses data perniagaan dan merupakan komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann. Komputer UNIVAC ini pernah dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric.
    UNIVAC pernah menghasilkan sesuatu yang mengesankan yaitu dengan keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden di tahun 1952.
    Salah satu karakteristik dari Komputer Generasi pertama adalah intruksi operasi yang dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Dalam setiap komputer terdapat program yang berbeda yang disebut bahasa mesin. Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan adanya batasan pada kecepatan.
    Salah satu ciri yang sangat menonjol dari komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung hampa udara yang membuat bentuk komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar, selain itu juga penggunaan silinder magnetik dalam proses penyimpanan data.

PERKEMBANGAN KOMPUTER DI INDONESIA

    Dahulu komputer merupakan salah satu barang mewah yang jarang sekali orang memilikinya. Ini diakibatkan karena komputer mahal sekali. Untuk memiliki sebuah PC (Personal Computer) seseorang harus merogoh koceknya sebesar 8-10jutaan dan untuk pebisnis yang memerlukan laptop bisa mengeluarkan uang sampai 30jutaan per unitnya.
    Penulis sendiri baru merasakan komputer setelah komputer memasuki generasi Pentium 2. Komputer pada saat itu masih dianggap cepat dan beruntung saya memilikinya. Saya gunakan komputer untuk membantu pekerjaan saya di sekolah karena lebih mudah mengetik memakai komputer daripada memakai mesin tik. Betapa bangganya saya mempunyai sebuah komputer di rumah walaupun komputernya masih seperti capung alias CPU tiidur di bawah monitor.
    Setelah melewati tahun 2000an komputer di Indonesia memasuki generasi Pentium 3 dan komputer jenis ini lebih cepat dengan menggunakan komputer Pentium 800Mhz-1300Mhz. Komputer Pentium 3 mulai diperkenalkan dengan menggunakan CPU berdiri (stand CPU). Pada saat itu sudah memakai memory RAM jenis SDRAM antara 64MB-256MB. Harga Pentium 3 pada saat itu masih sangatlah mahal sekitar 8jutaan.
    Pentium 4 pun mulai hadir di Indonesia sekitar tahun 2002 dan komputer dengan processor ini mampu dipakai untuk bermain games dan desain grafis tinggi. Pentium 4 terdiri dari 2 yaitu socket 478 dan  socket LGA. Komputer yang memakai socket 478 mempunyai kecepatan antara 1,5Ghz-2,4Ghz. Sedangkan yang memakai socket LGA mempunyai kecepatan 1,8Ghz-3,2Ghz.
    Ketika Intel dengan asiknya mnengeluarkan produknya maka datanglah pesaing besar Intel yaitu AMD memasuki pasar komputer di Indonesia dengan produknya AMD Sempron, AMD Athlon, AMD Turion dan lainnya. AMD memasang harga yang cukup kompetitif dan menggandeng ATI Radeon serta Nvidia Geforce untuk memanjakan penggunanya.
    Produk Intel yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia adalah processor Core Duo yang akan memakai sistem 2 mikro processor kecil sehingga membuat sistem komputer lebih cepat. Setelah Core Duo diluncurkan maka dikeluarkanlah Pentium Dualcore yaitu 2 buah mikro processor pentium menjadi 1 unit dan kinerjanya lebih baik dibandingkan Core Duo.
    Setelah Dualcore sukses di pasaran maka Intel mengeluarkan Core2Duo yang kemampuannya tak tertandingi sehingga banyak digunakan di berbagai laptop dan komputer zaman sekarang. Kelebihan Core2Duo adalah tidak bisingnya procesor tersebut dan kinerja yang lebih stabil.
    Kini Intel dan AMD masih menjadi processor yang banyak dipilih masyarakat Indonesia karena keduanya sangat cocok dengan kebutuhan komputer masyarakat Indonesia. Intel saat ini sedang mempersiapkan core i7 dan core2quad yang diperuntukkan untuk grafis dan gamers. AMD saat ini masih mengandalkan Athlon dan Turion sebagai senjata utamanya dan terbukti Athlon dan Turion banyak digunakan gamers dan warnet-warnet karena murah dan bagus grafisnya.

Sumber :

http://ebookbrowse.com/sejarah-komputer-dan-perkembangannya-pdf-d422781616

http://tofikonline.net/sejarah-komputer-dan-perkembangannya.html

http://layarit.blogspot.com/2010/11/pengertian-komputer-sejarah-komputer.html

http://www.inijalanku.com/sejarah-komputer-dan-perkembangannya-lengkap.html

Published in: on Januari 5, 2013 at 2:31 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://arievaldo.wordpress.com/2013/01/05/sejarah-perkembangan-komputer-serta-perkembangannya-di-indonesia-2/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: